Makalah Sarana Berpikir Ilmiah Dalam Pengetahuan Dan Kehidupan Sosial

12 Views

BAB I
PENDAHULUAN

 

Latar Belakang 

Berpikir merupakan ciri utama bagi manusia. Inilah perbedaan utama antara manusia dan binatang yaitu terletak pada kemampuan manusia untuk mengambil jalan melingkar dalam mencapai tujuannya. Seluruh pikiran binatang dipenuhi oleh kebutuhan yang menyebabkan mereka secara langsung mencari objek yang diinginkannya atau membuang benda yang menghalanginya. Dengan demikian sering kita melihat seekor monyet yang menjangkau secara sia-sia benda yang dia inginkan, sedangkan manusia yang paling primitif pun telah tahu mempergunakan bandringan (ketapel), atau melempar dengan batu.

Itulah sebabnya manusia sering disebut sebagai makhluk homo faber yaitu: makhluk yang membuat alat; dan kemampuan membuat alat itu didapatkan dari pengetahuan.

Berpikir adalah suatu kegiatan mental yang melibatkan kerja otak. Dengan berpikir, manusia dapat mengubah keadaan alam sejauh akal dapat memikirkannya. Berpikir disebut juga sebagai proses bekerjanya akal. Manusia dapat berpikir karena manusia berakal sehingga manusia disebut sebagai makhluk yang berakal.

Dahulu untuk menghasilkan ayam yang siap potong harus dimulai dari proses bertelur dan pengeraman hingga menetas menjadi anak ayam. Anak ayam tersebut diasuh oleh induknya dan diberi makan hingga tumbuh besar sampai pada tahap siap potong. Proses alami ini tentu saja memakan waktu yang relatif lama dan jumlah yang dihasilkan terbatas. Seiring dengan peningkatan kebutuhan akan ayam sebagai akibat semakin meningkatnya jumlah manusia, maka proses alami tersebut tidak dapat digunakan lagi. Manusia harus berpikir keras bagaimana menciptakan suatu proses produksi ayam potong yang dapat menghasilkan dalam jumlah besar dan dalam kurun waktu yang relatif […]


Full File [–]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *